Menu

Kyai Asbak – Menjabarkan Pemahaman Paradigma yg salah tentang mengkultuskan

18/03/2017 - Sang Kyai
Kyai Asbak – Menjabarkan Pemahaman Paradigma yg salah tentang mengkultuskan

Kyai Asbak – Menjabarkan Pemahaman Paradigma yg salah tentang mengkultuskan

Boleh aja kita mencintai org tua (wajib), guru2 kita, sesepuh, ahli ulama, org yg dituakan, org yg kita anggap punya jasa, tp kan yo ora semonone (tp kan g juga sebegitunya), sampek kudu ngelupain kluarga sanak saudara (sampai2 harus lupa keluarga dan sanak saudara) , sendiko dawuh (semua perintahnya harus iya), opo jarene kudu di turuti (apapun perkataannya harus diturutin), karena ada embel2 guru ndak mungkin menjerumuskan kita.

NB: Fitnah atau apa itu hanya Allah yg maha tau, mencoba mengerti dan memahami secara hakekat bg hambanya yg mau berfikir adalah anjuran Kitab, tp tetep Allah pemilik kebenaran

#Kenapa saya ndak mengambil kata Habib di permisalan Dukun tadi…

Jawab : Ini yg juga menurut saya salah kaprah pemahamannya di masyarakat kita scr umum…
Saya coba jelaskan dan semua kebenaran kembali kepada-Nya “Allah yg Maha Benar”

Jadi gini, Habib itu secara harfiah yaitu habibi, yg artinya adalah kekasih Allah, atau yg disayangi dan dikasihi Allah… yg d disayangi itu yg bagaimana….? ya simple “Orang baik” Damai yg Akhlak atau perilakunya adalah buah/bunga dari keimanannya, disadari atau Tidak, Diyakini atau Tidak, KONSEP Ke-TUHAN-an Adalah Bermanfaat bagi Sesama dan Semesta Alam… Dan Seluruh Alam Semesta beserta Semua Makhluk didalamnya diciptakan Untuk Manfaat Makhluknya yg Paling Sempurna yaitu Manusia “bagi yg mau berfikir *KHALIFAH” Dua hal yg harus Bersenyawa Seimbang Terhempas hati ini di dalam Kehidupan.

Oke… kembali kemasalah Habib, di Indonesia saja yg menganggap heboh habib, dan dimakan mentah2 bahwa habib itu keturunan Rosul… Dan dikultuskan …. (apakah benar hakekat sesungguhnya seperti itu… hahahaha) cek Dialog saya dengan salah satu client dibawah ini

#dialog tentang Habib

Client: Sebenere pengertian habib iku piye to yai (sebenarnya pengertian Habib itu gmn sih yai)

Jawab: Knapa Mas?

Client: Ya aneh aja koq seakan2 dieluk2an kaya’ gtu

Jawab: Habib itu nasab (garis Keturunan) dr keturunan hasan husen
Yg jd mslh adalah di indo

Client: Opo (Apa) bener d Al Quran jelas tertulis habib the special one

Jawab:
HAHAHA ORA!!! (TIDAK)
Mereka bukan nabi
Bukan apa2
Sama kaya kita2
Podo2 keturunane nabi adam (Sama2 keturunan Nabi Adam)
Mas bro isok koq dadi gelar habib (mas-nya bisa koq kalo mau dapet gelar Habib)

Nang jakarta okeh seng dodol sertifikat habib (Dijakarta banyak yg jual Certifikat habib)

Misal : Habib syeh Samin Manulak
jadi gini….
Gelar habib diberikan kpd nasab/keturunan nabi Muhammad, jd istilahnya seperti org yg jd dmuliakan

Seperti misal mas bro keturunannya rojo samin ngono *misal (semisal mas-nya keturunan Raja Sableng *misal)

Mas bro duwe gelar Raden Mas Gendeng Pamungkas *misal (Mas-nya punya gelar Raden Mas Crazy Ultymate *misal)

Nah salah kaprahnya manusia indo (Nah yg bikin salah kaprah itu masyarakat kita)

Omongan dan ucapan habib itu dianggap manjur, idu geni (ludah api), nek dilawan kualat (kalo dilawan terkutuk),edan po(gila pa)
ngelawan,turunane kanjeng rasul coy…
(Omongan dan ucapan habib itu dianggap pasti terkabul, bilang apa pasti jadi, kalo ada yg mbantah dibilangnya kualat, gila apa mau ngelawan, keturunan Kanjeng rosul coy…)

Client: Di arab apa jg kayak gt mas?

Jawab:
Seperti itu, tp ndak dsalahgunakan kaya’ diindo
Di indo banyak yg bawa gelar habib,dbuat “ngrampok” pesantren2
Dateng ke pesantren2 gitu, minta sumbangan istilahnya
Detik itu juga, saat itu jg harus dturuti
Klo Gak “kualat” “terkutuk”
Tak laknat kowe “Kau” HAHAHA (saya kutuk kau… HAHAHA)

Habib itu arti sebenarnya adalah kekasih
Org yg dkasihi
Bukan keturunan nabi
Scr bahasa artinya itu
Singkatan dari habibi

Client: Apakah ada dasarnya?

Jawab : Ada, coba cari2 aja di google banyak koq literarurenya

Client: Lah trus knopo dadi keturunan nabi ? (lah kenapa jadi pengertiannya keturunan Nabi?)

Jawab:
Y wes intine pokoke koyok kyai agung, syeh agung, ustad agung,pokok gowo gelar2 ngono
Kan disuruh makan abu rokoknya aja pada mau
(Ya Beditulah/sudahlah… , intinya pokoknya kaya’ kyai Agung, ustad Agung, Pokok membawa-bawa gelar gitu, pengikutnya disuruh makan abu rokonya aja pada mau)

Client: D hadist ato alquran mang ada dasarnya to mas Bro?

Jawab :
G ada, msh rancu dasarnya, g ada dasar bahwa nasab Nabi Muhammad harus dturuti omongannya

Org2 sendiri yg menyalahgunakan, bikin dasar2 sendiri
Basic-nya org indo to mas bro, nek ngerti turunane sopo ngono kan langsung gumun, heran, dll (Pada dasarnya kan orang indonesianya aja sendiri, kalo tau keturunannya siapa gitu lansung heran, wah keren, dll)

Gampangane ngene ae lah (gampangnya gini aja lah)
Misal mas bro kturunan ke tiga dr Nabi Muhammad
Opo ndak koar2 mas bro (apa ndak berkoar ato menyombongkan diri masnya)
Aq ki lho turunan langsung dr Muhammad (aku ini loh keturunan lgs dari Muhamad)
Omonganku “sabdo pandito ratu” (pasti di jabah)
Sekali ngomong kun fayakun langsung jadi

Client: Aq keturunan rojo, ngko tak koar2, rojo surakartan, tp rojo g kopen Wkwkwk
(aku keturunan raja, ntar tak berkoar, raja surakartan tapi ndak terpelihara dan terabaikan)

Jawab : Yo koyok ngono kui (ya kaya’ gitu itu)

Client: Weh rusak lek ngono mas bro wkwk (wah kalo kaya’ gitu rusak mas bro)

Jawab :
Maksud dr kyai asbak  itu gtu lho mas (kyai Asbak “sebuah project”)

Nek wes gowo gelar kyai kanjeng syeh haji Habib Romo Raden
(kalo udah bawa2 gelar kyai kanjeng seg haji habib romo raden mas)
Harus dhormati
Gila pujian
Gila dsanjung
Fenomena di indo kan kaya’ gtu
Wes dianggep kyai (dah dianggap kyai)
Wes dianggep ustad (wes = sudah)
Wes dianggep syeh
Wes dianggep SAKTI
Seolah-olah jd org suci
Ndak punya dosa
Orang harus Munduk2 (sujud2)
Ngambung tangan sampek munduk2 (cium tangan sampai sujud2)
Njaluk opo ae dturuti (minta apa aja dituruti)

Client: Lah trus apa bener rosul pernah bilang belajar lah dr keturunanku ?

Jawab :
Maksudnya rasul itu kan yg dr anak-anak langsung, sahabat jg bs, lha klo misal keturunan-keturunan yg seperti gmana?? apa smua keturunan djamin baik smua? tetep aja bukan mulia mas (ndak semua mulia), manusia biasa, ada salah ada khilaf, belajar syariat y dr Al-Quran dan hadist

Apakah Kanjeng Sunan Kalijogo g punya duso? Apakah Kanjeng Sunan Kalijaga g punya salah? )
Satu2nya jaminan surga cuma Nabi Muhammad SAW

G usah habib deh..
Lha wong pasien ae akeh sing ngaku2 trah kadilangu ae buanggane poll
(lah pasien aja banyak yg ngaku2 trah/keturunan Kadilangu aja Buangganya luar biasa)
Brp ribu org mas ngaku2 trah kadilangu

Padahal keturunanya aslinya kalo ngerti hakekate(nya) yo(ya) biasa wae(aja)

Boleh aja memuliakan, menghormati seseorang, tp ndak usah berlebihan, ada porsinya

Itulah tujuan mengapa wajah rasul tidak pernah ditampakkan
Jajal onok fotone (coba misal ada fotonya)
Iso g karuan tatanane Islam (bisa-bisa ndak karuan tatanannya Islam)

Rasa mencintai berlebihan melebihi Allah dan rasulnya kan haram

Boleh aja sih kita mencintai org tua (wajib), guru2 kita, org yg dituakan, org yg kita anggap punya jasa, tp kan yo ora semonone (tp kan g juga sebegitunya), sampek kudu ngelupain kluarga sanak saudara (sampai2 harus lupa keluarga dan sanak saudara) , sendiko dawuh (semua perintahnya harus iya), opo jarene kudu di turuti (apapun perkataannya harus diturutin), karena ada embel2 guru ndak mungkin menjerumuskan kita

NB: Fitnah atau apa itu hanya Allah yg maha tau, mencoba mengerti dan memahami secara hakekat bg hambanya yg mau berfikir adalah anjuran Kitab, tp tetep Allah pemilik kebenaran

Client : Jleb jleb jleb jeru *beer*
((y) •̃͡ з •̃͡)(y) joss
Kuiyai Asbak \=D/

#Contoh lg ttg Haji
Orang naik haji, trus ada embel-embelnya Haji … yg kesannya jos dandos kotos-kotos….

Untung Nabi Muhammad ndak ada embel-embelnya haji, cobak kalo ada repot ntar sholawatnya…

Allahumma salli’ala “Haji” Muhammadin wa’ala ali Haji Muhammadin … X_X

Dan orang-orang arab sana juga ndak pake embel-embel haji, kalo pake haji semua mungkin namanya pak haji semua mungkin… Ya disini aja banyak yg pgn di wah … pengakuan diri terhadap sesama manusia dan lupa arti atau hakekatnya konsep pemahaman sejatinya hakekat itu sendiri …
Padahal klo tau hakekatnya ya biasa aja

#Sudah sering berplakat RIA … Punya SIM pasti bisa nyetir “AMAN”, padahal belum tentu Mahir “AMAN”
Sekarang coba buka tutup gelasmu …

Ibarat secangkir kopi yang ingin isi digelasnya Jernih… Ya minimal buka tutup gelasnya, kalo ndak bisa buang kopinya dan ganti dengan air yang jernih, klo ndak bisa ya minimal dibuka tutup gelasnya dan berdoa “Biar Allah yang mengisi gelas ini dengan kebaikan… Aamiin.

Itu mengapa Rosululloh ndak ada Fotonya, ndak pernah mau dilukis, awujud patung juga ndak, dkk…

Tau Kenapa…

Beliau sudah memikirkan sejak 14 abad yg lalu bahwa akan ada kondisi umat yg seperti itu

Misal ada fotonya… Trus ada yg mirip dengan Rosul apa ndak sangat di eluk-elukan di kultus-kultuskan seakan akan ndak pernag buang hajad, seakan-akan sendiko Ratu, kaya Habib/Kiyai/pandito/romo/biksu yang perlakuannya kebanyakan seperti itu sekarang ini… Padahal dah jelas patokannya Rosul Allah yaitu Muhammad, selain itu wali dan sekarang ini hanya tinggal umat yg maksimal pencapaiannya tinggal ma’unah, buak mukjijat dan bukan kharomah (mukjijat untuk rosul) (Kharomah buat Wali) dah khusus jadi utusan… Allah yg mengutusnya

#oke… daripada nanti akan melebar skarang saya krucutkan lagi …

Sebelum itu daripada berujung SARA ada beberapa hal yg akan saya luruskan dulu ….

AGAMA…

Apa itu AGAMA??

Simple … Agama adalah kajian ilmu untuk mengenal Tuhan atau lebih tepatnya tujuan akhirnya adalah mencapai kedamaian / kondisi baik

Ya ndak ubahnya kajian-kajian ilmu lainnya,

Misal : ilmu berhitung ya matematika, ilmu yg mempelajari tentang batu ya gemotology, ilmu tentang letak wilayah ya geografi, ilmu tentang alam secara exakt ada fisika dan kimia
Jadi jangan di campur adukan dan merasa bener satu bidang aja… ambil tujuan atau maksud dari kajian ilmu tersebut… dan jangan di cuampur adukan juga semuanya jadi runyam ruet mbulet kalo gt… yah intinya apa-apa yg dari Tuhan itu Mudah, yg mbulet ruet itu dari manusianya sendiri… dibuat sendiri

Quote: #dialog K.A ttg Agama
Jajaran umat dan Rosul memang utusan akhir zaman untuk d antara 3 golongan umat, satu yg agak2 kurang pintar (Sholat, puasa, sedekah, haji, mati, cukup. Dua yg udah mulai berfikir (sholat buat apa, sedekah buat apa, haji bua apa dkk) Tiga yg mau berfikir yaitu pecahlah Isra Mi’raj

Yg jelas smua dr Allah itu mudah, yg bikin mbulet itu manusianya sendiri
Scr umum sudah saya tulis dan tuangkan d halaman depan web saya

Sbagian besar tau kita mau kmana, seperti halnya misal saya dr jakarta mau kesurabaya tau betul gambaran surabaya spt apa, tp ndak smua tau jalan menuju sana itu lewat mana, pantura atau jalur selatan, arah mana, naek apa ada yg bilang naik bis enak murah cari tiketnya gampang, naik kereta enak nyaman, ada yg bilang naek pesawat enak cepet, ada yg bilang naik kendaraaan pribadi bisa mampir2 (tapi cara orang yg berbeda2 itu jangan diperdebatkan kan intne bener semua), kalo tujuannya gambarannya aja ndak tau itu yg masalah, salah2 bisa nyasar sampe aceh kalik HAHAHA…

Misal Bacaan Tasbih ini mas bro : Subhanallah, alhamdulillah Wallaillahailallahu Allahuakbar lahaulawalaquwata illa billah (tapi yg seperti apa) gmn caranya? Jalannya? Hakekatnya apa?

Smua kan terbuka bg org2 yg mau berfikir dan di kasih hidayah
Bkn sombong, byk klien saya ustad2, orang lulusan pondokan 10thn, bahkan kiyai2 habib2
Yah kaya macan td, ndak perlu koar2
Ngaji Alam , Ngaji Rahso
Mau ngetes monggo, krn riya sebiji gandum jatuh dr Tempat-nya Allah

Surga itu apa? Bg saya bukan spt ustad2 bilang yg bidadari dkk, bg saya adalah nur illahi, ketemu pemilik ruh yg hakekatnya adalah kedamaian O
Tanpa meninggalkan kwajiban yaitu syareat
Nothing else…

Ikhlas itu apa? Ikhlas itu bkn berharap ridho Allah, kalo berharap ridho itu irodat namanya,
ikhlas ya g berharap apapun, aku ini umat, bukan utusan, wali ato nabi, bkn yg dpt kharomah ato mukjijat, plg banter nanti dpt ma’unah
Tak kasih tau ya org kayak kita g akan bisa ikhlas, kecuali satu, pas buang air besar
Ngising (beabe)

Jd anjurannya adalah: ndodok ngising nang ngarep omah (duduk buang air besar didepan rumah)
Quote:*yg ndak paham ini (duduk buang air besar didepan rumah) tanya apa penjabaranya via kontak?

Gmn caranya
Itulah knapa harus sholat, puasa, sedekah, adalah salah satu pengasah, biar minimal mendekati ikhlas…
Rosul sudah mempertimbangkan spt apa umatnya nanti
Aq g pake Bahasa ayat, Al Quran dan hadis baca aja sendiri, jangan cuman jadi dongeng belaka, apakah paham apa sih konsep keTuhanan? Pemaknaanya? Kelakuannya?
Bermanfaat bagi sesama dan semesta Alam ndak?

Islam bukan agama yg satu benar dalam artian gini smua agama benar, islam adalah agama yg sempurna (tapi sempurnanya yg gmn?)
Tp apakah pemaknaanya sempurna spt yg d ajarkannya dalam akhlak-nya “Utusann-Nya”

Apa sih sejatinya Agama
Agama itu adalah kajian ilmu dalam mempelajari atau menemukan Tuhanya
Spt ilmu berhitung namanya Matematika, ilmu sosial ya ips
Tp apakah ada yg paham hakekatnya Agama …
Jarang …

Cobalah berfikir d luar dokma, diluar kungkungan, buka hati biar hidayah nur illahi benar2
sepenuhnya masuk

Quote:#contoh penjabaran ttg Agama
Quote:Semisal contoh agama Budha
Budha itu bukan Tuhan
Budha itu kan nama ajaran hidup
Pelajaran
Sama kaya matematika
Matematika bukan tuhan
Tp pelajaran berhitung
Tp klo mau dtuhankan jg bisa tuh matematika
Sampean(anda) menemukan piagem bentuknya mirip salib terus bgmn?

Kalo saya Y tetep tak simpen mas
Dan kalau dibawa anggapan orang kita agama nasrani
Aq kan blgnya ini piagemku

Alasanya :
Tuh salib tak isi khadam syeh trus gmana?
Tak isi khadam muslim trus gmana?
Apa klo mas bro bawa2 lambang Allah trus otomatis jd islam???
Ya bukan pada tempaynya mas
Yg blg bukan pd tempatnya kan manusia
Manusia sendiri yg menggolong2kan
Zabur,taurat,injil
Semua kan turun jg dr Allah
Manusia dewe seng bikin golongan2
Kalau masalah lambang itukan indentitas

Client :Tapi kan masyarakat kita dah melabel2kan sebuah simbul mas bro ?

Jawab :Benar
tapi kan manusia di beri akal utk berfikir
Lha memangnya klo keris itu lambang muslim jg mas?
Asalnya keris jg dr jaman kerajaan budha lho
Toh kanjeng Sunan Kalijogo mau tuh bw keris?

Misal babi
Jimat dr babi

Knapa jimat babi d muslim dianggap dilarang ? apakah benar demikian?
Hakekatnya bukan seperti itu mas bro
Jimat babi ama make bagian dr babi utk kesehatan lain lho mas bro

Client :
Kita g bisa pake kan ya mas ??
Krn setelah d teliti ternyata babi g baik byk cacing pita dkknya
Kan babi haram mas bro …

Jawab :
Klo penjabarane mas bro sperti itu memang, kita g bs makan dan pake bagian dr babi utk kbutuhan jasmani kita

Coba berfikir utk dluar “kotak” mas

Jimat dr babi itu apa aja tho?

Kan yo jarang tho? (kan ya jarang )

Coba sebutin satu2 apa aja

Client :
Rantai babi

Jawab :
Mas bro makan itu?

Client :
Ndak

Jawab : Taring babi
Mas bro makan itu?

Client :
ndak …
Tp ada g? kandungan cacing pita nempel kulit mas?

Jawab :
Babi haram kr apa tho mas?
klo dmakan kan?
Aq tanya lg, Mas bro makan macan haram ???

Client : Haram

Jawab : [Makan ular haram?

Client : Haram

Jawab :
Make kalung taring macan pie? (pie = gmn)
Make dompet kulit ular pie

Client :
Gpp dompet ular/buaya
Tp babi kan ada cacing pita mas?

Jawab :
Dan apakah karena hanya cacing pita alasannya?

Nang quran kan haramkan babi dkonsumsi mas, ketika inangnya mati dan g ada khidupan ya cacinge uripe teko ndi mas (Cacingnya mau hidup dari mana mas)??

Taring babi di jemur ratusan tahun msh hidup(cacing inangnya)?

Intinya aja deh mas

Mau itu wujud budha kek, yesus kek, maria kek, blm tentu jg khadame isinya jg yesus?? blm tentu jg isinya jg maria??

Memang itu merupakan perlambangan

Wujud visualisasi dhahir

Tergantung jg dr kebijakan dan kematangan berfikir dr pembawanya

Udah hampir masuk ke tingkatan diatas tarekat mau ke hakekat

Trus piagemku kebudan iki khodame budha gt ??

Ora mesti mas (belum tentu mas)

Blm tentu isinya budha mas

Kesimpulan :
Piagem piandel pusaka mustika

Hanya wujud dhahir,visualisasi dan bentuk nyatanya

Yg kita pergunakan dan manfaatkan adl karomah, wasilah doa2 dr org terdahulu, keramat dr barang tsebut

Mau wujud kethek(monyet), macan,nogo, iwak(ikan), tuyul

Pointnya ada di karomah dr barang tersebut

Podo karo mas bro punya klewer

Bentuke opo mas? manuke(burungnya) wong lanang kan?

Mosok khadame wujud manuk2an mas? (masak khodamnya wujud burung2an “Mr.P” mas)

Trus wujud manuk guede ngono? (wujud burung laki2 buesar gt?)

Yg kita pergunakan dan manfaatkan kan karomah pengasihannya

Mahabbahnya, peletnya, aura postivenya, aura rejekinya

Jadi apa maksud dari pemaknaaan yg bisa kita ambil manfaatnya yg belandaskan Basmalah (*Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang) Semua semesta buat manfaat Manusia
Tak ulangi yah… Maha Pengasih dan Maha Penyayang…. Paham !!!


Intine Simpel:
Yo ngene loh rek… Dasare simple… Aq g suci makane pgn nyucekno… Aq g apik makane pgn apik… Aq g bener makane pgn bener… Aq g iso ikhlas makane sedekah sak akeh2e… Lek rumongso bener lan suci iku sing ngeri… Intine…. Lawong rosul wae sing jelas2 di jamin melbu surgo wae mbendino sujud melekan sampek elek poso senin kamis ajek… Opo deknen rumongso suci lan apik… Opo maneh awak dewe… Asu lakan

Ya begini loh mas bro… Dasarnya simple… Saya tdk suci makanya pengin mensucikan… Saya ndak benar makanya pengen baik… Saya ndak bisa iklas selain buang hajat makanya sedekah sebanyak2nya… Yg merasa Atau sok suci/benar ini yg bahaya… Intinya… Bahkan Rosul aja yg dah jelas2 dijanjikan masuk surga oleh Allah aja setiap hari sujud mohon ampun tengah malam begadang mohon ampun… Puasa sampek jelek… senin kamis selalu… Apa beliau merasa atau sok suci dan baek… Apa lagi cuman kita ini yg tinggal umat to.

Salam.